Cari Blog Ini

Jumat, 15 Juni 2012

CONTOH INFORMASI YANG BERUPA SARAN

informasi yang berupa saran


                            Kenaikan Haraga BBM dan Kemiskinan
Sebagai peneliti yang melakukan kajian tentang kenaikan harga BBM termasuk kemiskinan, saya sebetulnya merasa sangat gembira melihat begitu banyaknya tanggapan terhadap studi ini tetapi saya ikut sedih melihat kebanyakan tanggapan tidak diikuti dengan analisis yang menggunakan metodologi yang memadai umumnya tanggapan ini lebih disebabkan oleh sangkaan yang tidak mendasar sehingga seolah-olah riset ini dilakukan secara parsial tanpa melkihat kelompok lain yang kurang jelas.
Mari saya sedikit jelaskan bagaimana sejarah penelitian ini. Penelitian ini dimulai sejak tahun 2000 pada saat LPEM diminta baik oleh Kantor Menko Perekonomian (Pak Kwik Kian Gie masih menjadi Menko) dan Departemen ESDM (Pak Presiden SBY waktu itu menjadi menterinya) menyiapkan kajian tentang dampak makro BBM. Kajian dimulai dari sekedar analisis sangat sederhana dengan melihat pwerbedaan harga domestic dan luar negeri dan distribusi penerima subsidi BBM. Kebetulan saya pribasdi sejak tahun 1992 melaqkukan riset individual melihat dampak regresif dari harga BBM. K
Karena harga BBM dinaikkan setiap tahun (2001 dan 2002) maka LPEM diminta melanjutkan proses ini masuk melakukan sosialisasi dibeberapa daerah di Indonesia tenatng dampak BBM. Metode penelitian pun disempurnakan setelah mendapatkan feedback dari pertanyaan daerah saat kami melakukan sosialisasi termasuk dalam melihat dampaknya terhadap rumah tangga khususnya rumah tangga miskin.
                                                      Sumber : Pasific Link, 23 Agustus 2007) 


      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar