Cari Blog Ini

Jumat, 15 Juni 2012

TAHAPAN-TAHAPAN DALAM MENYIMAK

ahapan-tahapan dalam menyimak :


1.  Mendengarkan

    Penyimak berusaha menangkap pesan pembicara yang sudah diterjemahkan dalam bentuk bunyi bahasa. Untuk menangkap bunyi bahasa itu diperlukan telinga yang peka dan perhatian yang terpusat.

2.  Mengidentifikasi

    Bunyi yang sudah ditangkap perlu diidentifikasi, dikenali dan dikelompokkan menjadi suku kata, kelompok kata, kalimat, paragraf atau wacana. Pengidentifikasian kata bahasa akan semakin sempurna apabila penyimak memiliki kemampuan linguistik (bahasa).


3.  Menginterpretasi

    Kemudian, bunyi bahasa itu perlu diinterpretasikan (diartikan) maknanya. Perlu diupayakan agar interpretasi makna ini sesuai atau mendekati makna yang dimaksudkan oleh pembicara.


4.  Memahami

    Setelah proses penginterpretasian makna selesai, maka penyimak dituntut untuk memahami atau menghayati makna itu. Hal ini sangat perlu untuk langkah berikutnya yaitu penilaian.


5.  Penilaian

    Makna pesan yang sudah dipahami kemudian ditelaah, dikaji, dipertimbangkan, dikaitkan dengan pengalaman, dan pengetahuan penyimak. Kualitas hasil penilaian sangat tergantung pada kualitas pengetahuan penyimak.


6.  Menanggapi

    Tahap terakhir yaitu menanggapi makna pesan yang telah ditangkap. Tanggapan atau reaksi penyimak terhadap pesan yang diterimanya dapat berwujud berbagai bentuk seperti mengangguk tanda setuju ataupun menggelengkan kepala tanda tidak setuju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar